Tips Memelihara Rantai dan Gir Set Sepeda Motor

Salah satu komponen sepeda motor yang kerap disepelekan pemotor merupakan rantai. Sedangkan rantai pengambil inisiatif memiliki kontribusi yang amat penting, jadi tidak mampu diremehkan serampangan. Apalagi yang musim penghujan seperti saat ini, sering-seringlah semakin memperhatikan kaitan dan gir set motor gede Anda.

Tapi pada dasarnya, ikatan bawaan kilang sudah memakai teknologi O-ring yang tidak lagi diberi pelumas tambahan. Plus rantai perabot jenis berikut telah punya harga gear sss pelumas pribadi di dalamnya. Namun demikian, dalam perjalanannya tetap diperlukan perawatan secara pelumas pribadi rantai (chain lube) dalam memperpanjang usia pakainya.

Di dalam merawat pertalian, tidak disarankan untuk mengendarai oli sisa atau minyak sinyal untuk menebas, karena tersebut justru malah membuat usia pakai rantai menjadi sedikit. Melumasi ikatan dengan oli bekas telanjurkan akan menyimpulkan kotoran yang ada diluar.

Sebab di umumnya pertalian tidak diberi penutup maka itu langsung bertalian dengan pendatang, akibatnya kotoran mudah menempel. Terlebih oli bekas yang dipakai mengolesi sudah terkontaminasi kotoran perabot.

Idealnya kaitan motor dilumasi cairan chain lube minimal 2 periode dalam seminggu dan disarankan mengencangkan ikatan sebulan sangat. Bagi pemakai motor sport, disarankan menggunakan rantai bertaraf dengan spesifikasi ringan serta tidak menggunakan perawatan yang ribet.

Bagi motor yang dimodifikasi, kudu penyesuaian rumpang ukuran gir dan sengkela. Jangan sampai motor konversi dengan putaran cepat mempergunakan gir set standar. Tidak lupa saksama gir menjelang. Kebanyakan pemotor hanya menghiraukan gir tulat. Bukalah tudung gir kepil, sering-seringlah dipandang dan dibersihkan.

Idealnya pergantian gir setel dilakukan kalau pemakaian sudah biasa mencapai 40. 000 km. Tidak peri mengikuti trend menggunakan gir set pancarona, karena hal itu hanya peri selera bukan mempengaruhi cara perawatan dan performa.

Bila terpaksa berbuat pemotongan pujaan rantai, pandang juga umur pakainya. Jika masa pakai masih 3 bulan, tidak masalah kaitan dipotong. Lazimnya mekanik pacak tahu buatan lama usia pakai ikatan. Namun apabila ragu dan lebih safety, ada baiknya menyelesaikan dengan yang baru. Tapi untuk rantai motor Kawasaki Ninja, gak direkomendasikan pertalian dipotong apabila sudah kendor.



Terakhir, sangat dianjurkan utk membeli gir set yang berkualitas pada kenyamanan & keamanan Anda ketika berkendara

Write a comment

Comments: 0